Sabtu, 31 Maret 2018

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Dengarkan musik
Musik merupakan rentetan alunan nada yang dapat mempengaruhi cara berpikir seseorang. Mendengarkan musik merupakan salah satu cara jitu untuk merilekskan pikiran. Saat anda tengah dalam kondisi bekerja. Ambil jeda waktu sebentar untuk mendengarkan alunan nada yang menenangkan dan yang pasti mampu memberi energi positif bagi anda
Terapkan pola berpikir yang positif
Pikiran ternyata membawa pengaruh yang begitu besar dalam kehidupan sehari-hari anda. Ketika anda berpikir positif maka segala tindakan anda akan lebih terarah dan fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Berbeda dengan mereka yang gemar berpikir negatif, maka pola pikir ini justu bersifat merusak dan akhirnya membuat kinerja anda tidak maksimal. Pola pikir merupakan sesuatu yang bisa anda atur sendiri. Dalam hal ini anda tidak boleh mudah terpengaruh hasutan orang namun tetaplah pada pendirian anda. Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan hindari sikap mudah emosional yang hanya akan membawa dampak buruk bagi anda.
Hindari perasaan tertekan
Merasa tertekan terhadap pekerjaan yang anda lakukan, merupakan salah satu hal yang hanya akan membuat kinerja anda menurun kualitasnya. Ketika anda memiliki banyak kerjaan menumpuk dan harus segera diselesaikan, anggaplah jika tugas-tugas tersebut merupakan bagian dari hidup anda dan harus dilakukan sebaik mungkin. Jangan berpikir jika pekerjaan adalah beban yang membuat hidup anda menjadi kurang menyenangkan.
Lakukan pola hidup sehat
Daya konsentrasi seseorang memiliki kaitan yang begitu erat dengan aliran darah menuju otak. Semakin lancar aliran darah menuju otak maka akan semakin baik pula daya konsentrasi seseorang. Sebaliknya saat aliran darah dalam tubuh yang menuju ke otak tidak lancar, maka tingkat konsentrasi seseorang menjadi kurang maksimal. Untuk itu diperlukan pola hidup sehat dalam menunjang tingkat konsentrasi anda.
Melakukan pola hidup sehat dapat diawali dengan tidur yang cukup, olahraga dan yang paling penting adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Melakukan pola hidup sehat dapat dilakukan mulai dari sekarang sehingga dampaknya berlangsung panjang hingga anda tua nanti.
Meditasi
Meditasi merupakan salah satu latihan ringan yang mudah untuk dilakukan. Meditasi merupakan salah satu cara meningkatkan konsentrasi yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep utama dari melakukan latihan ini adalah dengan memusatkan pikiran pada satu hal tertentu dan bukannya membuat pikiran menjadi kosong. Meditasi yang dilakukan sebagai suatu kebiasaan, dapat membuat anda menjadi lebih mudah berkonsentrasi.
Lakukan aktivitas untuk menyegarkan pikiran
Darah merupakan kendaraan utama bagi oksigen dalam tubuh kita. Kecukupan oksigen dalam otak dapat membantu anda untuk lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas yang harus diselesaikan. Cobalah melakukan aktivitas yang dapat membantu melancarkan aliran darah guna meningkatkan konsentrasi anda dalam belajar atau bekerja. Cara meningkatkan jumlah oksigen ke otak bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berjalan-jalan, berbaring atau mungkin sekadar menggeser tempat duduk dan mengganti posisi duduk anda.
Istirahat
Jangan pernah menggunakan otak dalam waktu yang lama tanpa diberi jeda untuk beristirahat. Ingat untuk selalu berisitirahat setidaknya lima menit pada tiap 60 menit yang anda gunakan untuk berpikir.  Terlebih jika pekerjaan atau aktivitas yang anda lakukan membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi, maka jeda untuk beristirahat merupakan hal yang penting yang harus dilakukan.
Menggunakan otak tanpa jeda, membuat daya konsentrasi atau fokus anda semakin berkurang. Istirahat, berguna untuk mempertajam kembali vitalitas otak anda

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran

Popular Posts